Thursday, January 20, 2011

Semester lima

Jumat-siang-mendung wahhhh enak banget nih buat tidur. Udah gitu perut sudah terisi penuh :D alhamdulillah

Akan tetapi seperti janji gw, gw akan menyertakan kisah tragis semester lima di post berikutnya haha berhubung lagi semangat juga memperbarui isi blog hihi

1. Produksi media humas (Keishka, Andin, Pucul, dan Kathy)
Mata kuliah ini m
enuntut kita untuk bisa membuat sebuah majalah kementerian, brosur, dan company profile
s1 reguler. walaupun company profile hanya
berbentuk powerpoint, tentu harus ada sesuatu
yang menarik agar tidak membosankan.

Tugas pertama
ialah pembuatan Majalah kementerian sebagai nila
i UTS. Dalam pembuatannya kami membagi tugas untuk soal konten yang bikin Andin,
Pucul, dan Kathy sedangkan gw dan Keishka bertanggung jawab soal layout-ing.

Namanya juga a
matiran yak, lamaaa bgt buat 1 rubrik atau cov
er aja. Pusing mulai dari besar font lah, to
ne colour majalah
, tata letak, hingga clip art yang digunakan lalu jadilah seperti ini:


Cover depan Zamrud Magz! dengan tagline Jendela
Permata Indonesia. Berukuran
A4 sebanyak 31 halaman dan mahasiswalah yang menjadi target khalayak.
Ceritanya majalah ini dibuat oleh kementerian budaya dan pariwisata,
yang berisikan mengenai kekayaan Indonesia dan tentunya bekerjasama dengan
"produk" wisata Indonesia. Maka dari itu terdapat Visit Indonesia sebagai iklan
dari majalah ini.

Tugas berikutnya adalah p
embuatan brosur secara individual, tug
as ini di berikan untuk nilai tugas sebelum UAS. Dengan ketentuan nama produk yang diiklankan yaitu "PMH 10". gw membuat sabun PMH 10, berikut brosurnya:


merk: PMH 10, jenis: Sabun mandi

tugas terakhir untuk UAS yang diberikan oleh mba yuni (dosen Produksi media humas) membuat company profile s1 reguler komunikasi. UAS ini dilakukan secara berkelompok dengan pembagian yang sedikit berbeda Andin, Pucul, Kathy, dan gw bertanggung jawab untuk konten dan Keishka membuat hiasan powerpoint disertai dengan animasi. Namun sebelumnya untuk tone colour powerpoint itu sendiri sudah dirembukkan bersama.

2. Manajemen isu krisis (Andin, Pucul, Kathy, dan Welda)
Untuk matakuliah ini tidak terlalu berat sih untuk soal design, layout, dan sebagainya. Justru untuk hal ini, kontenlah yang dinomor satukan. Dalam proposal ini seakan kita adalah team humas dari sebuah perusahaan yang sedang mengalami isu/krisis. Kemudian bagaimana team humas menangani kasus tersebut dan mengembalikan citra serta kepercayaan masyarakat. Akan tetapi berhubung di semua pelajaran, proposalnya bagus, jadi kita tetap memberikan unsur design untuk cover depan dan belakang namun untuk layout cukup membuat langsung dari microsoft word. Ditambahlagi pembuatan proposal hanya untuk UAS dan dibuat secara berkelompok jadi tidak terlalu berat.

3. Cyber PR (Keishka, Andin, Pucul, Kathy, Sinta, dan Ayas)
Wiiiiy talk about Cyber PR, overall i like this subject. Pada dasarnya emang gw suka hal-hal yang berhubungan dengan komputer dan dunia cyber. Walau gw tau itu ribet, luas, "kejam", but it's fun. Gak rugilah bangun jam 6.00 am biar sampe dikampus jam 8.00 am demi matakuliah ini. Gwpun berfikir untuk menjadikan Cyber sebagai tema skripsi gw. FYI: inysa allah semester depan gw udah ngambil skripsi lho, doain semuanya diberi kelancaran oleh Allah SWT sehingga gw bisa lulus kuliah 3,5 tahun :)

well anyway, back to the topic. mata kuliah ini gak berbeda jauh sama MIK, pembuatan proposal hanya dibuat sekali tapiiii penilaian diberikan untuk nilai tugas kelompok. yaa sistematis penulisannya beda, tetep ada latarbelakang, permasalahan, target sasaran, solusi, program, dan evaluasi. Namun tema harus permasalahan yang ditumbuklkan akibat dunia cyber dan bagaimana kita menyelesaikan masalah tersebut.

Perlu diketahui, kekejaman dari dunia cyber ialah segala sesuatu yang sudah ter-publish tidak dapat terhapus secara sempurna dan tidak dapat ditarik kembali. Hal yang mungkin dilakukan adalah menggantinya atau menimpanya dengan subject sama dan tema baru.

Team cyber gw, yang terdiri dari gw, Keishka, Andin, Pucul, Kathy, Sinta, dan Ayas, menganggkat kasus Cut Tari mengenai video asusila yang menyangkut dirinya dan melakukan re-personal branding. Berbagai program, baik online maupun offline, kita rangkai sedemikian rupa agar terkesan realistis sehingga mungkin apabila benar-benar dilaksanakan.
Sisi design muncul ketika melakukan visualisasi program. Agar sewaktu persentasi, penonton dapat memahami, mengerti, mengetahui bentuk dan maksud dari setiap program yang dirangkai. Salah satunya:


Screen Shot website The New CT. Web ini selain berisikan biodata Cut Tari
juga disertai dengan kegiatan Cut tari sebagai presenter,
sebagai seorang ibu, dan hingga tips tips mengenai public speaking.
Dalam Web ini juga terdapat CT's Avatar.

4. Marketing PR (Andin, Kuma, Inza, Sinta, Ayas, Manda, dan Cindy)
huh! hah! huh! hah! jatuh bangun melawan kemalasan ketika hari kamis pukul 14.00 tiba. Artinya kelas Marketing PR dimulai. Secara pelajaran sih no problemo, temen kelas juga yaa bareng kom08 gak mungkin gak asik dong :D tapi dosennya itu lhooooooo huh! hah! huh! hah! batiiiin banget setiap dikelaass. Nyinyir bangettt dosennya, iya klo bener. gak semua bener!

Yasudahlah yang penting kelasnya udah berakhir, nilai lumayan, terpenting LULUS!! matkul ini. Peniliain didasari pada nilai UTS, nilai UAS berupa proposal Marketing PR studi kasus sebuah produk, dan nilai individu dari persentasi dan menyimak persentasi.

Cukup ribet buat proposal ini. baik konten maupun design. konten terutama karena salah pengetikan atau salah kalimat disatu bagian bisa mempengaruhi ke bab berikutnya dan menjadikan boomerang untuk kelompok tersebut.

Seperti biasa gw bertugas dalam hal design, untuk konten gw hanya diberikan wewenang untuk membuat target sasaran. which is dalam eksekusinya tidak mencapai dua halaman. tapi jangan salaaaaahh ada 15 design yang harus gw buat. Mulai dari poster, screen shoot website, baliho, gudi bags+isi, hingga costum permainan.


Poster Find Your Own G with Gatorade ;

Logo ; dan


Godi bags from Gatorade for people who enterence the G park

5. Manajemen klien humas (Andin, Pucul, Kathy, dan Zul)
Waahh sampai juga pada hari jumat jam 8.00 am yaitu matakuliah Manajemen klien humas. Matkul ini ajaib dehh sampe dosennya pun aja ajaib. Kelas jam 8 dateng jam 9, kalau gak hadir baru ngabarin beberapa menit sebelum jam 8, buat kelas tambahan baru inform ketika memasuki kelas. intinya sesuka hati. Dikarenakan dosen matkul ini emang dosen yang sibbbuuuukkkkk banget, beliau bernama Henny S. Widyaningsih, M.Si. Beliau mantan humas UI saat ini bekerja dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia.

Cara beliau mengajar dan menyampaikan informasi bagus, mudah dimengerti, dan (memang) tidak membosankan sekaligus dapat memberikan contoh bagaimana seharusnya. Maka dari itu tentu penilaian yang diberikan untuk hasil proposal UTS dan UAS juga tentu sempurna. Benar-benar dilihat baik dari penampilan proposal hingga tingkat realistis dari program yang dijalankan.

Sebagai seorang humas memiliki dua khalayak, internal dan eksternal. Inilah tugas seorang humas, bisa membuat sebuah perusahaan/produk baik tidak hanya bagi publik internal namun juga publik eksternal. Maka dari itu, mba Henny membagi kedua hal tersebut jadi UTS dan UAS.

Proposal UTS ditunjukkan untuk khalayak internal. Kelompok gw yang terdiri dari gw, Andin, Pucul, Kathy, dan Zul (sebagai ketua kelompok) memilih perusahaan CIMB Niaga yang baru saja merger dengan Lippo Bank. Kami merasa karena adanya pembauran karyawan, tentu dibutuhkan penyatuan karyawan dan di manage sedemikian rupa.

Cover depan Proposal

tampilan dalam proposal Family Gathering CIMB Niaga

Sayangnya untuk nilai UTS, kelompok kami mendapatkan nilai terendah walaupun masih mencapai angka 80. Dengan adanya sedikit gertakan, kami bertekat melakukan yang terbaik dan setotal mungkin di UAS demi memperbaiki nilai di ujian tengah semester. Untuk proposal UAS ditunjukkan untuk khalayak eksternal. Dimana kita diharuskan membuat sebuah perusahaan sendiri yang membantu sebuah universitas dalam memperbaiki dan meningkatkan citranya sehingga banyak calon mahasiswa yang ingin menuntuk ilmu di Universitas tersebut.
Inilah logo perusahaan kami. Perusahaan yang diberi nama Cordinate PR
(Corporate In Unite) dengan tagline We keep you up front!


Cover depan dan tampilan dalam Proposal CPR yang ditujukkan untuk
Universitas Perbanas dengan bentuk segi enam sesuai dengan
lambang yang dimiliki oleh ABFI Institute Perbanas.

Kalau boleh jujur sih mah cape banget ngerjain ini semua. Memang sih semuanya selesai, tapi penuh pengorbanan untuk menyelesaikan ini semua. Gw tipe orang yang work-aholic jadi selalu keluar kata "tanggung" disetiap pekerjaan gw. Pengennya tuhh diselesaian padahal waktu udah menunjukkan pukul 03.00 am. iya jam 3 pagi, disaat orang-orang udah asik jalan-jalan didunia mimpi, gw masih aja sibuk sama komputer dan sahabat tekno gw (re: photosop). yaa brarti hampir setengah tahun waktu gw, gw habisin untuk berada di depan komputer sampai jam 3 pagi membuka aplikasi berwarna biru berlambangkan Ps.

Itupun tidur jam 3 karena gw inget klo gw masih harus bangun jam 8 atau jam 6 pagi untuk masuk kuliah berikutnya. Hikmahnya, dari dulu gw memang tipe kalong. Gw dikenal kebo karena kalo siang kerjanya tidurrr mulu atau baru bangun siang. Tetapi dari gw bangun tidur, gw bisa melek sampai subuh. Sehingga ketika gw harus tidur pagi bangun pagi bukan masalah baru dan sulit bagi gw.

Selain itu, bukan hanya design untuk tugas kuliah yang harus gw buat di semester lima ini. Gw terlibat dalam sebuah kegiatan yang memiliki proyek bernamakan "Dynomite (Discovy your soul in commnite)" yang bertemakan Disco 70's. Singkat cerita gw menjabat sebagai Manager of publication. Dalam perjalanannya gw bertugas membuat 59 IDcard, tiket, dan merapihkan xBanner-spanduk. For more info about Dynomite, you may see www.dynomite2010.com or @dynomite2010

that's all my story, hope you enjoyed :D

1 comment:

Keishka said...

GILA SEMESTER 5 DEWA PARAH YA. SEMESTER PROPOSAL. SEMESTER MONEY.