Thursday, January 20, 2011

Hello again :D

wiwiwiwiwiwi halloooo everyoneeee, do miss mee?? yes of course, right? bwhiihihihihi

it's a long long long time since the last update, you know why? just one word "ternyataaaa"

why "ternyata"? because
1. ternyataaaaaa.... seperti ini hidup di dunia komunikasi ;
2. ternyataaaaaa... hidup di dunia komunikasi tidak semudah yang keliahatannya ; dan
3. ternyataaaaaa... jurusan komunikasi bukan jurusan yang santai.

soooo many many story which i want share to all of you, hope i can combine become short, definite, and fun story. here they are

hari rabu, 28 januari 2009 gw bercerita bagaimana kesuksesan anak-anak komunikasi 2008 melawan segala cobaan (tugas, tekanan mental, rasa malas, dan sebagainya) hingga akhirnya kita dinyatakan sebagai anggota keluarga komunikasi yang tergabung dalam HMIK (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi).
para senior-senior itu selalu bilang "ini tuh semua ada gunanya deek, kalian akan merasakan fungsi dari prasar kelak, apalagi ketika kalian kerja." bener lho brooo itu bukan sekedar kalimat biasa, bukan sekedar kalimat sok bijak dan sok tau. dikarenakan gw mengalaminya sendiri. Jangankan sampai pada dunia kerja, semester tigapuuunn gw udah merasakan hal yang menyerempet dimana ketika itu gw harus rela begadang demi mempelajari bahan persentasi bersama ketiga temen gw yang tergabung dalam satu kelompok, dikampus sampai malem untuk menyelesaikan tugas bahkan sempat pindah tempat karena dikampus udah mau tutup, adanya tugas wajib mingguan, di skip ketika persentasi (alhamdulillah gw tidak mengalami hal itu tapi gw melihat sendiri korbannya. persamaannya ketika prasar dulu, sering dari kita ketika sedang tampil di skip/diberhentikan karena kurang menarik atau tidak sesuai dengan kriteria), berada dibawah tekanan dosen yang dingin,galak enggak tapi nyinyir dan menurut gw it worst walau gw dapet sih ilmu dari dosen ini.
namun kali ini gak mungkin dong bisa keluar dari situasi ini. mungkin ketika prasar ada pilihan, tapi klo waktu itu keluar kapan mau selesai. toh pasti ketemu dengan dia nanti-nantinya. jadi selama menjalani semeseter tiga, gw selalu menanmkan pikiran "dulu lima bulan bisa gw lewati, kenapa sekarang enggak. toh sekarang juga dijalankan bersama-sama" dan akhirnya bisa juga kan sampai pada semester enam sekarang dengan sehat walafiat :)

perjalanan seru kedua, berawal dari satu matakuliah semester 4 yaitu komunikasi strategik. ini mata kuliah pertama yang memberikan sistem uas take home, berkelompok, persentasi, membutuhkan kreatifitas dan kemampuan grafik, berupa proposal kegiatan sosial yang menyangkut strategi komunikasi apa yang cocok untuk memberantas masalah sosial/mempromosikan suatu hal sehingga tepat sasaran. sebelumnya udah pernah take home tapi itu juga individu dan gak perlu design lalalala simple dan apa adanya.
Ketika itu gw sekelompok sama Andin, Pucul, Kathy, Keishka, Ayas, dan Ari. kelompok kami membahas mengenai permasalahan oprasi plastik dengan judul kegiatan Jelantik (Jelita Alami Tanpa Pelastik). kumpul kelompok pertama kali masih membahas outline proposal, bagi-bagi tugas yang akan digabungkan pada pertemuan berikutnya. Pada pertemuan kedua mulai membahas logo acara dan design poster,spanduk, dan jenis print ad lainnya.

Intermezo sejenak, ketika sma gw gemar mengotak-atik photoshop tapi hanya sekedar memidahkan foto ke layer lain, menggambungkan beberapa foto menjadi satu layer, menambahkan frame, menghapus, memotong, dan memberi warna pada layer. Berdasarkan kemampuan tersebut, gw dengan percaya dirinya menawarkan pembuatan poster,logo, dan lain-lain. dengan syarat untuk logo udah ada konsep mentah yang akan divisualisasikan oleh gw :p *sok banget gak sih hehe*

Berbekal pengalaman nol besar dalam membuat poster, melihat contoh sana-sini, mengotak-atik icon yang ada di photoshop, jadilahhh poster pertama gw:

poster ini ceritanya untuk pencarian brand ambasador jelantik yang merupakan salah satu program kami.

oh iya, ini logo jelantik

pembuatan poster dan logo ini merembet ke cover depan, pin, flyer, dan layout konten.


ini contoh cover depan proposal jelantik yang berbentuk landscape

akan tetapi alhamdulillah, gw memiliki teman yang kooperatif, berkomitmen, dan tidak egois. dalam pembuatan semua itu gw tidak berkerja sendirian. kita beramai-ramai saling bantu-membantu :)
Semenjak itu, temen-temen saya mulai mengetahui bakat kacangan gw. bahkan salah satu dari dia bilang kalau design merupakan bakat terpendam yang gw miliki hahaha. yaaa mungkin memang bisa dibilang terpendam, karena dari kecil ciri khas gw adalah bisa tapi pemalas. nahh kalau gini keadaannya semua barubah menjadi mau gak mau yakan?hehe jadi yang tadinya terpendam oleh kemalasan menjadi sesuatu yang menonjol dengan adanya sebuah keharusan.

Eehhhhhh ternyataaa oh ternyataaaa semester lima adalah semester dewa. Mata kuliah komstrat tadipun benar-benar awallll dari segalanya dan kali ini kekalongan gw dipertanggung jawabkan. Mengapa begitu? Karena di semester ini gak hanya satu matakuliah yang membuat proposal+design dan tidak hanya untuk uas melainkan juga untuk uts. hikmahnya, semua dikerjakan secara berkelompok yang terdiri dari empat hingga delapan anggota. oke, mari kita jabarkan satu persatu
1. Produksi media humas (Keishka, Andin, Pucul, dan Kathy)
2. Manajemen isu krisis (Andin, Pucul, Kathy, dan Welda)
3. Cyber PR (Keishka, Andin, Pucul, Kathy, Sinta, dan Ayas)
4. Marketing PR (Andin, Kuma, Inza, Sinta, Ayas, Manda, dan Cindy)
5. Manajemen klien humas (Andin, Pucul, Kathy, dan Zul)













eittss, udah penasaran dan pengen baca yaa kelanjutannya hihi. dikarenakan cerita ini dipastikan panjang, jadi gw buat di post berikutnya aja, okeeh? bosenkan klo baca cerita yang kepanjangan :p

No comments: